David Marcus, Salah Satu Pendiri & CEO Lightspark dalam membangun standar pembayaran global yang dapat dioperasikan secara real-time

David Marcus, Salah Satu Pendiri & CEO Lightspark dalam membangun standar pembayaran global yang dapat dioperasikan secara real-time

Node Sumber: 2893651

Menikmati podcast kami? Jangan lewatkan episode mendatang! Silakan tekan tombol berlangganan itu AppleSpotifyYoutube, atau platform podcast favorit Anda untuk terus mendapatkan informasi terbaru tentang konten terbaru kami. Terima kasih atas dukungan Anda!

Ketika Anda berhenti dan memikirkannya, sungguh gila bahwa kita tidak memiliki jaringan global untuk memindahkan uang secara instan dan murah. Internet sekarang sudah berusia lebih dari 30 tahun dan menurut saya masalah ini seharusnya sudah terpecahkan sekarang. Namun hal ini belum terjadi, setidaknya belum.

Tamu saya berikutnya di podcast Fintech One-on-One adalah David Marcus, CEO dan Salah Satu Pendiri taman cahaya. Jika nama David terdengar familiar, itu karena dia adalah pemimpin proyek Libra/Diem di Facebook yang sekarang sudah tidak ada lagi. Dia bersemangat menciptakan jaringan global real-time untuk pergerakan uang, itulah sebabnya dia mendirikan Lightspark.

David Marcus dari LightsparkDavid Marcus dari Lightspark
David Marcus, Salah Satu Pendiri & CEO Lightspark

Di podcast ini Anda akan belajar:

  • Latar belakangnya yang menarik di bidang teknologi.
  • Proses pemikiran yang masuk ke proyek Libra/Diem di Facebook.
  • Mengapa dia memutuskan untuk memulai Lightspark.
  • Penjelasan tentang Lightning Network yang berada di atas Bitcoin.
  • Mengapa mereka memilih untuk membangun teknologi mereka untuk Lightning Network.
  • Apa yang sebenarnya dilakukan Lightspark dan dengan siapa mereka bekerja.
  • Siapa yang menggunakan teknologi mereka saat ini.
  • Potensi throughput untuk jumlah transaksi per detik.
  • Bagaimana pendapatnya tentang penyelesaian pembayaran mikro.
  • Tantangan regulasi yang mungkin timbul seiring dengan pencapaian skala.
  • Mengapa kita harus memikirkan apa yang dilakukan Lightspark sebagai jalur pembayaran alternatif.
  • Mengapa ini adalah permainan teknologi dan tidak ada hubungannya dengan kripto.
  • Potensi use case yang dapat dikembangkan.
  • Bagaimana pendapatnya tentang uang yang dapat diprogram.
  • Mengapa penting agar sistem pembayaran berperilaku seperti internet (terbuka, real-time, dan dapat dioperasikan).
  • Berbagai goegrafi tempat mereka memiliki klien saat ini.
  • Bagaimana model bisnis mereka bekerja.
  • Mengapa kombinasi pembayaran real-time dan Lightning begitu ampuh untuk jangkauan terakhir.
  • Betapa besar arti masa depan pembayaran global real-time bagi perdagangan.

Baca transkrip percakapan kami di bawah ini.

Episode 450: David Marcus, CEO dan Salah Satu Pendiri Lightspark

Peter Renton  00:01

Selamat datang di podcast Fintech Satu-satu. Ini Peter Renton, Ketua dan salah satu pendiri Fintech Nexus. Saya telah melakukan acara ini sejak tahun 2013, yang menjadikannya acara wawancara tatap muka terlama di seluruh fintech. Terima kasih telah bergabung dengan saya dalam perjalanan ini. Jika Anda menyukai podcast ini, Anda harus melihat acara saudara kami, The Fintech Blueprint bersama Lex Sokolin dan Fintech Coffee Break bersama Isabelle Castro, atau dengarkan semua yang kami produksi dengan berlangganan saluran podcast Fintech Nexus.

Peter Renton  00:39

Sebelum kita mulai, saya ingin mengingatkan Anda tentang layanan berita komprehensif kami. Fintech Nexus News tidak hanya meliput berita fintech terbesar, buletin harian kami mengirimkan berita fintech paling penting ke kotak masuk Anda setiap pagi, dengan komentar khusus tentang berita utama hari itu. Ikuti terus berita fintech dengan berlangganan di news dot fintech nexus.com/subscribe.

Peter Renton  01:10

Kami memiliki tamu yang sangat istimewa di acara hari ini, saya dengan senang hati menyambut David Marcus. Dia adalah CEO dan salah satu pendiri Lightspark. Sekarang jika nama David Marcus menarik perhatian, itu karena Anda mungkin mengenalnya sebagai presiden PayPal atau lebih mungkin, sebagai orang yang bertanggung jawab atas Libra/Diem yang keluar dari Facebook beberapa tahun yang lalu. Bagaimanapun, dia sedang dalam usaha barunya, Lightspark, yang menurut saya sangat menarik. Apa yang dia bangun, saya tidak begitu memahaminya sampai kami mengobrol di wawancara ini, dan saya mengerti sekarang, dan itu sangat menarik. Sesuatu, pada dasarnya adalah lapisan pembayaran baru untuk internet yang bersifat global, instan, yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kripto. Tapi itu dibangun di jaringan Bitcoin dan Lightning. Jadi kita akan membicarakan semuanya. Pastikan Anda mendengarkan sampai akhir, diskusinya sungguh menarik. Semoga Anda menikmati pertunjukannya.

Peter Renton  02:13

Selamat datang di podcast, David.

David Marcus  02:15

Terima kasih sudah memilikinya.

Peter Renton  02:16

Dengan senang hati. Jadi mari kita mulai dengan memberikan sedikit latar belakang tentang diri Anda kepada pendengar. Anda sudah lama berkecimpung di bidang teknologi, Anda pernah menduduki beberapa posisi penting. Jadi beri kami beberapa hal penting.

David Marcus  02:29

Baiklah, mari kita lihat. Maksud saya, saya rasa saya pertama kali mendefinisikan diri saya sebagai seorang wirausaha dan pendiri startup. Saya memulai sejumlah perusahaan. Perusahaan terakhir yang saya mulai sebenarnya saya jual ke PayPal, saya akhirnya memimpin PayPal selama beberapa tahun, dan kemudian bergabung dengan Facebook untuk memimpin Messenger dan memulai proyek Libra/Diem di sana. Ditinggalkan pada bulan Desember '21, dan sekarang memulai Lightspark tahun lalu.

Peter Renton  02:57

Benar, benar. Oke, jadi kita akan membahas Lightspark sebentar lagi. Ingin berbicara tentang pengalaman Anda di Libra/Diem. Apa yang kamu pelajari di sana? Apa saja manfaat yang dapat diambil dari hal tersebut? Jadi seperti Anda telah bersaksi di depan Kongres, maksud saya, hal ini merupakan masalah besar ketika hal ini diluncurkan. Apa yang kamu pelajari? Saya sangat tertarik dengan pelajaran pembayaran yang mungkin telah dipelajari.

David Marcus  03:21

Jadi pertama-tama mari kita mungkin meningkatkan. Alasan saya begitu bersemangat untuk memulai sesuatu seperti Libra sebenarnya berakar pada rasa frustrasi saya yang mengakar terhadap kondisi pembayaran, pada tahun 2018, tetapi masih sama pada tahun 2023. Dan pada dasarnya, seputar fakta bahwa masih belum ada yang nyata protokol standar global yang dapat dioperasikan secara waktu untuk pembayaran di internet. Anda tahu, di masa lalu, ada protokol HTTP 402 yang dibayangkan, tetapi tidak pernah diterapkan. Kami pada dasarnya telah berhasil membangun rel untuk segala hal yang dapat diubah menjadi nol dan satu di internet, kecuali uang. Dan pada tahun 2018, kami masih belum melakukannya dan sekarang masih belum, di tempat di mana Anda dapat mengirim dan menerima uang dengan cara yang sama seperti Anda mengirim atau menerima pesan teks atau email. Jadi kami ingin membangun standar global dan terbuka untuk pembayaran di internet. Dan kami merasa saat itu Anda tahu, jangkauan Facebook terhadap 3.5 miliar konsumen adalah cara yang baik untuk meyakinkan sejumlah perusahaan lain agar mengadopsi standar pembayaran di internet. Dan itulah mengapa kami melakukannya dari sana dan mengapa kami mencoba membangun teknologi dan kemampuan yang sangat baik serta kerangka peraturan dan sejenisnya untuk mewujudkannya. Sayangnya, secara politis, hal ini jelas tidak diterima oleh para anggota parlemen di AS dan bahkan secara global, dan karena berbagai alasan yang bisa kita bahas atau tidak. Namun pada dasarnya itulah yang membuat proyek ini terhenti, dan pada akhirnya, teknologi tersebut digunakan kembali oleh pihak lain, namun tidak diluncurkan dalam bentuk yang kami harapkan untuk diluncurkan bersama proyek Libra.

Peter Renton  05:26

Saya ingin beralih ke Lightspark, apa asal mula idenya di sini? Peluang apa yang Anda lihat?

David Marcus  05:32

Nah pada dasarnya sama saja, yaitu pada tahun 2023 ini kita masih berada pada kondisi dimana kita masih belum memiliki protokol terbuka untuk pembayaran di internet. Dan meskipun kami gagal dalam mencoba meluncurkan Libra, semua orang yang mencoba melakukan hal serupa dalam jangka waktu yang sama, juga gagal. Dan rasanya seperti ada sesuatu yang rusak dari dunia ini, dan sesuatu yang sangat ingin saya perbaiki dalam hidup saya. Maka diputuskan untuk membentuk band ini lagi, dan tahukah Anda, mereka semua merasakan hal yang sama, yaitu memiliki misi yang sama, untuk benar-benar menghadirkan protokol pembayaran di internet yang memungkinkan siapa pun memindahkan nilai ke seluruh dunia secara online. internet, sama seperti Anda memindahkan segala sesuatu yang lain di internet. Dan kali ini, kami telah mengambil semua pembelajaran yang kami dapatkan dari petualangan kami sebelumnya, dan memutuskan bahwa sebenarnya jaringan utama, atau satu-satunya jaringan yang benar-benar dapat mendukung hal seperti ini adalah Bitcoin, dan saya bisa. dapat menyelami lebih dalam mengenai alasannya, namun pada dasarnya Bitcoin sebagai bentuk uang internet yang netral, yaitu aset penyelesaian untuk jaringan pembayaran akhir tunai real-time, merupakan teknologi yang menarik untuk dikembangkan. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk memanfaatkan Bitcoin dan lebih khusus lagi pada Lightning untuk memungkinkan pembayaran real-time di atas jaringan Bitcoin.

Peter Renton  07:07

Benar, benar. Saya pikir jika Anda bertanya kepada kami 20 tahun yang lalu, apakah kita akan berada dalam situasi saat ini, di mana pembayaran pada dasarnya, pasti ada FedNow dan ada RTP, dan ada beberapa hal lain yang membuat segalanya berjalan cukup cepat, namun pembayaran tetap saja, pada dasarnya sama seperti 20 tahun yang lalu, dalam hal memindahkan uang secara instan. Hanya saja tidak banyak terjadi. Jadi saya berbagi rasa frustrasi Anda dan saya merasa agak gila bahwa kita berada dalam situasi ini. Jadi saya ingin mendalami dan berbicara tentang Lightning Network, mungkin Anda bisa menjelaskan apa itu. Saya mengonsepnya seperti protokol lapisan dua di atas Bitcoin, seperti protokol Lapisan 2. Kami tahu banyak dari mereka selain Ethereum. Apakah itu cara yang baik untuk membuat konsepnya?

David Marcus  07:55

Ya, ini sedikit berbeda dan berbeda, karena Lightning, tidak seperti rollup, atau bentuk penskalaan protokol Layer 2 lainnya di atas Ethereum, adalah sistem pembayaran berbasis saluran dan protokol di atas Bitcoin. Artinya pada dasarnya, anggaplah ini sebagai labirin serangkaian sempoa seperti di seluruh dunia di mana Anda memindahkan manik-manik dari satu sisi sempoa ke sisi lainnya. Dan tahukah Anda, pada dasarnya Anda harus membuka saluran, saluran pembayaran antar node, antara berbagai jenis node pembayaran di jaringan, mengunci nilai Bitcoin di saluran tersebut. Dan kemudian Anda dapat memindahkan nilai. Jadi ternyata ini adalah solusi yang sangat bagus untuk masalah penskalaan Bitcoin, waktu finalitas, biaya transaksi, karena pada dasarnya membuat transaksi Bitcoin mendekati waktu nyata, biaya marjinal yang sangat, sangat rendah, dan uang tunai menjadi final, sehingga diselesaikan dengan benar-benar dalam waktu yang sebenarnya. waktu sebenarnya. Masalahnya adalah pengoperasiannya sangat rumit. Dan di situlah Lightspark berperan, di mana pada dasarnya kami telah mengotomatiskan dan menyederhanakan cara melakukan onboarding di Lightning Network dan menjadikannya berperilaku seperti jaringan pembayaran biasa, pada dasarnya, alih-alih menjadi labirin saluran rumit yang Anda perlukan untuk menyeimbangkan kembali likuiditas untuk sepanjang waktu, dan Anda perlu meneruskan pembayaran. Jadi pada dasarnya kami telah mengabstraksi seluruh kerumitannya, dan tidak terlalu mendalami atau terlalu teknis, namun pada dasarnya, kami pada dasarnya telah membuat router Cisco yang setara dengan yang asli untuk internet. Tapi tahukah Anda, dalam hal ini untuk Lightning pada dasarnya, itulah yang kami buat.

Peter Renton  09:46

Benar. Jadi, apakah Lightning benar-benar pilihan terbaik? Saya kira itulah yang terjadi. Apakah itu satu-satunya pilihan? Bisakah Anda melakukan ini di Ethereum?

David Marcus  09:55

Ya, kita bisa melakukan ini pada Layer 1 lain atau Layer 2 lain di atas Ethereum atau jaringan lain. Masalahnya adalah tidak ada mata uang kripto lain yang memiliki kejelasan peraturan seperti yang dimiliki Bitcoin. Tidak ada mata uang lain yang memiliki likuiditas sebanyak fiat dan aset lainnya di luar sana. Jadi tahukah Anda, jika Anda ingin Bitcoin atau pecahan Bitcoin menjadi mata uang penyelesaian di atas jaringan yang sangat cepat seperti Lightning, namun pada dasarnya memungkinkannya membawa mata uang apa pun yang Anda inginkan, maka Anda memerlukan banyak likuiditas di jaringan tersebut. titik akhir untuk dapat melakukan pertukaran mata uang masuk dan keluar Bitcoin dengan sangat cepat dan murah. Dan memiliki banyak likuiditas sebenarnya adalah aset yang nyata. Dan tahukah Anda, sejauh ini, Bitcoin memiliki lebih banyak likuiditas di bursa, dompet, penyedia likuiditas, pembuat pasar, pemain institusional, dibandingkan dengan aset digital lainnya di luar sana. Jadi kombinasi dari kejelasan peraturan, likuiditas dalam jumlah besar, dan fakta bahwa pada dasarnya bitcoin adalah jaringan paling terdesentralisasi sejauh ini, memiliki banyak keunggulan yang tidak dapat ditiru oleh Layer 1 atau teknologi lainnya.

Peter Renton  11:15

Oke, mengerti. Jadi haruskah kita menganggap Lightspark sebagai semacam lapisan infrastruktur pembayaran untuk Bitcoin? Dan mungkin Anda bisa menjelaskannya? Begitulah cara Anda menggambarkannya kepada orang awam? Dan produk apa yang Anda kembangkan?

David Marcus  11:32

Ya. Jadi pada dasarnya anggaplah Lightspark sebagai pintu masuk ke Lightning Network yang memungkinkan semua jenis perusahaan membangun pengalaman pembayaran global real-time di atas internet. Jadi kami mencoba memajukan Lightning Network agar menjadi protokol standar pemenang untuk pembayaran di internet. Dan pada dasarnya kami menyediakan perangkat lunak dan layanan kepada perusahaan sehingga mereka dapat memanfaatkannya sepenuhnya.

Peter Renton  12:01

Benar. Jadi, apakah ada sesuatu yang belum diketahui saat ini, apakah Anda masih dalam tahap pengembangan?

David Marcus  12:06

Ya, jadi pada dasarnya kami telah memasukkan sejumlah bursa dan dompet di platform. Dan kami terus melakukan itu. Dan pada dasarnya, ketika Anda berpikir tentang keadaan dunia Lightning saat ini, pada dasarnya setiap bursa atau dompet menginginkan Lightning, tetapi kemudian ketika mereka mulai mengerjakannya, mereka menemukan bahwa sebenarnya sangat rumit untuk tidak hanya mengaktifkannya sebagai fitur, tetapi juga juga bertahan karena penyeimbangan kembali saluran likuiditas, perutean, dan semua kerumitan ini. Oleh karena itu, banyak dari mereka pada dasarnya menunda pengintegrasian karena rasio nilai upaya terhadap upaya, sampai sekarang belum bisa dihitung. Jadi pada dasarnya kami menerima banyak dari mereka. Dan kami juga sedang membangun peta jalan yang memungkinkan terjadinya lebih banyak kasus penggunaan pembayaran umum. Namun langkah pertama adalah benar-benar memungkinkan semua pemain di luar sana yang saat ini memindahkan Bitcoin di Layer 1, untuk memindahkan Bitcoin secara real time dengan biaya rendah. Jadi lebih cepat dan lebih murah, selain Lightning atas nama pelanggan mereka, bawa likuiditas itu ke jaringan. Dan kemudian kita dapat membangun semua jenis pembayaran konsumen yang lebih umum, pengalaman pembayaran yang berhubungan dengan konsumen melalui pelanggan kami, karena kami bukan perusahaan yang berhubungan dengan konsumen, untuk memungkinkan semua jenis kasus penggunaan pembayaran yang tidak dapat terjadi. Jadi contoh bagusnya adalah sesuatu yang kami miliki di situs web kami saat ini, yaitu demo uang streaming. Jadi kita tahu tentang streaming segala macam hal yang berbeda, streaming audio, streaming video, streaming, segala macam nol dan satu, tapi yang pasti bukan tentang uang. Dan kami percaya bahwa sebenarnya, uang harus berpindah di internet dengan cara yang sama seperti hal lainnya. Jadi mengalirkan uang harus menjadi konsep yang harus diberdayakan oleh perusahaan bagi para pemangku kepentingannya. Dan hal ini akan memungkinkan untuk membuka sejumlah besar PDB yang sebenarnya tertahan oleh keterbatasan jalur kereta api yang kita miliki saat ini. Dan kami sangat gembira dengan hal tersebut, seperti gagasan bahwa jika uang bergerak secara real-time secara global, dan jika Anda dapat memindahkan sejumlah kecil uang secara global secara real-time dengan biaya yang kecil, maka Anda dapat membuka banyak nilai. bagi konsumen, bagi perusahaan, dan bagi semua jenis pemain secara global.

Peter Renton  14:17

Benar. Jadi, saya tidak tahu apakah saat ini ada aplikasi konsumen lain yang menggunakan teknologi Anda, seperti live sekarang?

David Marcus  14:26

Ya. Jadi jika Anda berada di Eropa, atau jika Anda berada di Timur Tengah, atau jika Anda berada di AS, ada sejumlah bursa dan dompet yang sebenarnya ada di tumpukan kami. Dan itu akan memungkinkan Anda mengirim dan menerima Bitcoin di Lightning secara real time, dengan cara yang sangat andal, berapa pun jumlah transaksi yang ingin Anda kirim atau terima. Dan itulah versi paling mendasar tentang bagaimana Anda dapat merasakan produk kami. Tahap selanjutnya pada dasarnya adalah, Anda tahu, jika Anda mengirim uang lintas negara, dapatkah Anda mengirim uang lintas negara dalam mata uang apa pun yang Anda inginkan, dengan jumlah berapa pun yang Anda inginkan? Dan lakukan itu dengan sangat andal. Kalau dipikir-pikir, aliran uang lintas batas dan global memang belum optimal. Anda tahu, ada banyak sistem pembayaran real-time dan real-time di jaringan tersebut di dalam negeri. Coba bayangkan, di Brazil ada Pix, di India ada UPI, di Eropa ada SEPA, dan seterusnya dan seterusnya. Namun jaringan transaksi global seperti SWIFT dan lainnya, sebenarnya bukanlah sistem real-time. Ini adalah sistem perbankan koresponden, yang pada dasarnya bekerja di atas serangkaian labirin rekening yang disimpan di dalam dan di seluruh bank di seluruh dunia. Dan kemudian Anda memiliki platform perpesanan yang meneruskan pesan ke semua lembaga keuangan ini agar uang tersebut pada akhirnya diselesaikan dalam proses batch di akhir hari kerja, yang berhenti pada hari Jumat pukul 5 sore. Dan tahukah Anda, itu sangat tidak efektif. Dan pada dasarnya semua efek jaringan hilir dari semua uang yang terjebak di jalur kuno seperti ini adalah sesuatu yang kami harap dapat kami bantu selesaikan.

Peter Renton  16:16

Benar. Jadi saya yakin Anda sudah memikirkan tentang skalanya. Dan Anda sudah menyebutkan skala, tetapi saya kira Anda memiliki kapasitas untuk menjalankan transaksi pada skala jenis Visa dan MasterCard? Apakah itu adil untuk dikatakan?

David Marcus  16:29

Ya, throughput Lightning sebenarnya sangat tinggi. Dan dengan demikian, Anda dapat berasumsi bahwa Anda dapat menjalankan ribuan transaksi per detik, selama jangka waktu yang lama. Bukan berarti dibutuhkan jangka waktu yang lama untuk mencapainya, maksud saya, Anda bisa mempertahankan hasil seperti itu untuk waktu yang sangat lama. Ada banyak orkestrasi dan kompleksitas yang terlibat di dalamnya, termasuk menyeimbangkan kembali likuiditas dan memindahkannya ke seluruh jaringan. Dan pada dasarnya sebagian besar nilai yang kami berikan kepada klien kami dilakukan secara dinamis dan cepat. Kami memiliki produk bernama Lightspark Predict yang benar-benar akan memprediksi rute sukses untuk transaksi tertentu dengan ukuran tertentu dan menerapkan likuiditas sesuai permintaan secara real-time di seluruh jaringan, untuk memastikan transaksi tersebut berhasil. Hal-hal ini sebenarnya sangat, sangat rumit. Tapi tidak ada yang peduli, kan? Sepertinya, yang penting bagi mereka adalah mereka dapat menyambungkan ke antarmuka yang sederhana dan mengirim uang dengan andal. Dan kemudian kita akan mengatasi kerumitan gila itu di pihak kita.

Peter Renton  17:34

Benar. Apakah Anda juga menganggap pembayaran mikro sebagai kasus penggunaan di sini, karena menurut saya masih gila bahwa kami juga belum menyelesaikan masalah itu.

David Marcus  17:41

Ya, dan alasan kami belum menyelesaikan masalah tersebut pada dasarnya adalah karena biaya transaksi untuk satu pembayaran mikro sering kali lebih tinggi daripada jumlah yang Anda coba transaksikan. Oleh karena itu, jika Anda ingin pembayaran mikro berfungsi di lingkungan kita saat ini, maka Anda perlu memuat terlebih dahulu dompet dengan saldo tertentu yang kemudian dapat Anda belanjakan secara bertahap seiring berjalannya waktu. Dan ada dua masalah dengan itu. Pertama, sebagai konsumen, Anda harus berkomitmen untuk mengisi dompet dengan $10 atau $20. Kedua, apakah dompet itu sebenarnya akan menjadi milik satu publikasi atau satu domain. Karena tidak ada interoperabilitas. Bagian lain yang sedang kami selesaikan adalah interoperabilitas antar dompet, antar bank, antar platform, akan memungkinkan interoperabilitas global terjadi dengan cara yang sama seperti interoperabilitas antara penyedia email di internet dengan SMTP. Jadi bayangkan Lightning sebagai versi SMTP yang lebih kompleks. Tapi demi uang.

Peter Renton  18:41

Jadi, maksud saya, Anda harus benar-benar sadar, mengingat sejarah Anda di Libra, tentang tantangan politik dan peraturan yang akan dihadapi jika hal seperti ini ingin mulai meluas. Salah satu hal yang terjadi di lingkungan yang kita jalani saat ini, ada banyak hal negatif terhadap kripto di Washington, meskipun kami mencatatnya hari ini pada hari di mana SEC dikalahkan, hakim federal mengatakan bahwa Bitcoin ETF dapat dihentikan. di depan. Jadi itu kabar baik. Tapi tetap saja, sepertinya dengan semua hal negatif seputar kripto, dan fakta bahwa jika ini mendapat skala besar, apakah menurut Anda Federal Reserve akan baik-baik saja jika ada, Anda tahu, setengah dari jumlah volume yang mengalir melaluinya? jaringan Anda sebagaimana adanya, atau melalui Lightning Network sebagaimana adanya melalui sistem pembayaran federal, dan bagaimana Anda mengatasinya?

David Marcus  19:33

Ya, menurut saya sifatnya sangat berbeda karena berbagai alasan. Pertama-tama, visinya sebenarnya adalah bahwa orang-orang akan bertransaksi dalam mata uang asal mereka seperti Anda tahu, dolar, euro, yen, dll. dan tahukah Anda, dengan stablecoin yang, Anda tahu, dikendalikan oleh entitas yang tidak pemerintah, yang seperti masalah dalam konstruksi Libra. Terlepas dari kenyataan bahwa kami mencoba untuk menyerahkan kekuasaan ke dalam asosiasi dengan 28 anggota lainnya dan semua hal ini. Jadi itu tidak cukup. Jadi dalam kasus ini, Anda dapat membayangkan sepotong Bitcoin yang berjalan di Lightning seperti paket TCP/IP untuk mendapatkan uang. Jadi kami benar-benar fokus pada bagian infrastruktur, dan bukan pada aset yang benar-benar transit di atas jaringan. Jadi menurut saya itulah perbedaan utamanya. Perbedaan lainnya adalah, jika Anda memikirkan sistem pembayaran di luar sana, ada sistem pembayaran yang dikendalikan oleh pemerintah federal di AS, yang pada dasarnya adalah jendela di The Fed, atau sekarang. FedSekarang. Dan menurutku itu satu hal. Tapi menurut saya bagaimana jika Anda melihat semua sistem pembayaran ritel, semuanya ada di tangan, Anda tahu, perusahaan swasta saat ini, apakah itu bank atau PayPal di dunia ini, atau Aplikasi Tunai mereka di dunia ini, atau lainnya, itu semua adalah sistem pembayaran yang dioperasikan oleh perusahaan swasta. Kebetulan protokol-protokol tersebut tidak terbuka, dan tidak dapat dioperasikan hanya karena sifat dari kurangnya protokol interoperabilitas untuk mendapatkan uang di internet, yang merupakan apa yang kami harap dapat hadirkan dengan Lightning dan Lightspark. Jadi menurut saya ini sedikit berbeda, pada dasarnya membuat transaksi lebih murah, lebih efisien, dan membawa lebih banyak persaingan ke lanskap pembayaran secara umum. Dan mencoba mengaktifkan juga kasus penggunaan yang saat ini tidak mungkin dilakukan karena keterbatasan rel saat ini. Anda berbicara tentang pembayaran mikro, itu pasti salah satunya. Ketika Anda berpikir tentang streaming pembayaran mikro, hal ini jelas merupakan sebuah kasus penggunaan yang besar bagi orang-orang yang membutuhkan pembayaran. Dan tahukah Anda, jika dipikir-pikir, saat ini, penggajian, atau apakah itu seperti pekerja pertunjukan yang dibayar, secara artifisial tertahan oleh kemampuan sistem pembayaran kita saat ini. Jadi pada dasarnya orang tidak dibayar saat mereka melakukan tugas atau pekerjaan. Saya pikir itu bisa berubah. Pembayaran global dan pembayaran global, pembayaran lintas batas selalu menjadi masalah, dan sangat mahal bagi populasi yang biasanya lebih rentan dan tidak mampu membayar biaya yang tinggi, mereka akhirnya membayar biaya yang paling tinggi. Semua masalah yang sangat, sangat besar yang dialami oleh miliaran orang di seluruh dunia ini sebenarnya dapat diselesaikan dengan sistem pembayaran atau jaringan pembayaran yang terbuka, dapat dioperasikan, dan sangat murah secara real-time di internet.

Peter Renton  22:22

Jadi mungkin kita harus menganggap ini hanya sebagai jalur pembayaran alternatif, yang sepertinya seperti yang Anda katakan adalah orang-orang masih akan bertransaksi dalam mata uang lokal mereka. Jadi ini akan menjadi cara agar uang Anda dapat mengalir, baik secara domestik atau internasional, dan Anda hanya mengembangkan jalur alternatif. Begitukah caraku memikirkannya?

David Marcus  22:43

Ya, tepat sekali. Dan tahukah Anda, jika Anda memikirkan dunia saat ini, pada dasarnya Anda memiliki banyak pulau yang merupakan pulau pembayaran. Mereka tidak terhubung dengan pembayaran hyperloop, yang membuatnya, Anda tahu, dapat dioperasikan dan bersifat real-time dan tunai, dan semua itu, benar. Jadi, dalam beberapa kasus, mereka adalah jembatan tali antara beberapa hal yang, Anda tahu, sangat rapuh dan lambat untuk dilalui. Namun tidak ada hyperloop uang global di internet yang memungkinkan pulau-pulau tersebut mengirimkan nilai secara real-time 24/7, dalam mata uang apa pun yang mereka inginkan. Jadi menurut saya, jika Anda mengaktifkannya, jika Anda membukanya, maka Anda dapat membuka banyak PDB, karena tidak ada istilah yang lebih baik, itu sebenarnya, Anda tahu, terkurung oleh keterbatasan saat ini. sistem pembayaran.

Peter Renton  23:35

Benar, benar. Jadi saya perhatikan, saya sedang berada di situs web Anda sekarang. Dan Anda tidak benar-benar menyebut kripto, Anda bahkan tidak menyebut Bitcoin, tetapi Anda hanya berbicara tentang pembayaran terbuka dengan kecepatan cahaya. Lalu, apakah itu disengaja? Saya membayangkannya, ini semacam, Anda mencoba untuk menempatkan ini sebagai, sebenarnya ini bukan permainan kripto, ini permainan teknologi.

David Marcus  23:56

Ya, tentu saja. Dan tahukah Anda, kapan terakhir kali Anda memikirkan SMTP dan TCP/IP, saat Anda mengirim email, bukan? Ibaratnya kamu kirim email, punya antarmuka, bagus, mudah digunakan, berfungsi, kan. Dan itulah yang kami inginkan agar pembayarannya melebihi Lightning. Dan kami tidak ingin Anda harus melakukan tarian khusus di dalam api untuk dapat benar-benar menggunakan suatu produk karena sekarang Anda termasuk dalam kelompok orang tertentu yang dapat mengetahui cara menggunakan suatu produk. Itu jelas bukan pendekatan kami terhadap produk.

Peter Renton  24:29

Benar. Jadi, saya ingin mengetahui gambaran Anda tentang bagaimana hal ini akan berkembang. Apakah kita akan memiliki aplikasi di ponsel kita? Ataukah ini akan menjadi seperti plugin Chrome yang akan kita miliki? Setelah Anda mulai mendapatkan banyak adopsi di sini, apa yang akan terjadi…Saya membayangkan akan ada banyak kasus penggunaan yang berbeda, bukan?

David Marcus  24:51

Ya, itu sangat bergantung pada klien kami dan cara mereka membawa produk ke pasar saat ini. Itu ada di dompet yang mendukung Bitcoin karena kami memindahkan Bitcoin. Seiring waktu pada dasarnya Anda dapat mengharapkan ini ada di aplikasi. Jadi dompet dan tahukah Anda, pada akhirnya aplikasi bank itu sendiri, atau ekstensi Chrome untuk mengalirkan uang, baik itu menerima atau mengirim. Jadi Anda bisa membayangkan memiliki semua jenis titik akhir berbeda yang pada dasarnya ada di Internet yang memungkinkan Anda mengirim atau menerima sejumlah uang terbatas di Internet secara real-time. Maksud saya pada dasarnya, ini akan berfungsi sebagaimana mestinya saat ini, dan akan memungkinkan segala jenis nilai untuk menyebar di Internet, hanya dibebani oleh kewajiban peraturan yang kami bekerja keras untuk memungkinkan klien kami, tentu saja, bertemu di atas jaringan yang agak baru.

Peter Renton  25:46

Jadi apa pendapat Anda tentang… banyak orang berbicara tentang kemampuan program uang dengan banyak pekerjaan yang dilakukan pada Ethereum. Namun apakah itu bagian dari apa yang Anda kembangkan? Ataukah ini merupakan abstraksi dari hal tersebut? Maksudku, aku penasaran tentang hal itu.

David Marcus  26:00

Ya, itu benar-benar diabstraksi darinya. Menurut saya ada beberapa kasus penggunaan uang yang dapat diprogram selain dari apa yang kami lakukan, khususnya, pada jaminan aset, untuk akses, akses yang lebih luas terhadap modal, menurut kami hal tersebut mungkin akan menjadi sesuatu yang sangat relevan bagi kami. sebuah jaringan yang memungkinkan modal untuk melakukan perjalanan secara global, secara real time dan dengan cara yang sangat murah. Namun sebenarnya, fokus kami saat ini adalah bagaimana kami dapat membangun protokol pembayaran di internet yang terbuka, dapat dioperasikan, dan murah yang memungkinkan siapa pun memindahkan uang 24/7 dalam unit sub-atom yang sangat kecil dengan mata uang apa pun yang mereka inginkan. Dan menurut saya, jika kita bisa mencapai hal tersebut, maka kita bisa membangun berbagai hal lainnya. Tapi tahukah Anda, itulah fokus kami saat ini.

Peter Renton  26:48

Benar, saya ingat, Chris Larsen, pendiri Ripple berbicara di salah satu acara kami bertahun-tahun yang lalu, sekarang menurut saya seperti tahun 2016, atau '17 pada dasarnya mengatakan hal yang sama seperti Internet Uang. Internet Uang Ripple, dan jelas hal itu belum berkembang seperti yang mereka harapkan. Jadi orang lain telah mencoba melakukan apa yang Anda coba lakukan sekarang. Saya kira, apa yang telah Anda pelajari dari kegagalan tersebut, bukan kegagalan Ripple, tentu saja Ripple masih berjalan, tetapi apa yang Anda pelajari dari orang lain yang telah mencoba melakukan hal ini?

David Marcus  27:18

Jadi hal pertama adalah, saya pikir Anda tidak dapat membangun hal seperti itu di atas protokol kepemilikan yang dikendalikan oleh perusahaan. Saya pikir itulah pembelajaran kuncinya. Ia harus berperilaku seperti internet, harus seperti internet, dan Lightning serta Bitcoin, dan bersama-sama berperilaku seperti internet. Jadi ini adalah protokol terbuka, pada dasarnya kita tidak akan menjadi monopoli, memungkinkan perusahaan untuk menggunakan jaringan ini, kita akan menghadapi banyak persaingan, dan kita sudah menghadapi banyak persaingan, membangun berbagai aspek dan bagian. rantai nilai dalam jaringan. Dan kami juga bekerja sama dengan sejumlah perusahaan dan pihak lain dengan tujuan yang sama, dan dengan cara yang berbeda. Jadi ini adalah protokol terbuka. Oleh karena itu, Bitcoin tidak dikendalikan oleh satu perusahaan atau memiliki pengaruh luar dari satu orang, atau sekelompok orang yang dapat diidentifikasi, yang merupakan keunggulan lain dari Bitcoin. Jadi menurut saya itu adalah prasyarat utama. Dan sejujurnya, itu juga salah satu alasan utama mengapa kami membangun dengan menggunakan Bitcoin dan bukan yang lainnya.

Peter Renton  28:25

Dan saya rasa Anda jelas fokus secara global. Perusahaan apa yang bekerja dengan Anda, apakah sebagian besar di Amerika? Apakah tersebar di seluruh dunia, di perusahaan tempat Anda bekerja saat ini?

David Marcus  28:34

Ya, ini sangat global. Jadi tahukah Anda, kami punya klien di Amerika Latin, kami punya klien di Timur Tengah, kami punya klien di Eropa, di sini di AS. Jadi kami mempunyai klien di mana-mana, Afrika sebenarnya sedang berjalan saat ini. Jadi kami sungguh, karena pendekatan kami sebenarnya adalah pendekatan membangun layanan dan kemampuan perangkat lunak di atas jaringan terbuka yang bersifat global, kami tidak benar-benar memiliki area fokus dalam hal wilayah geografis tempat kami berkonsentrasi. klien, kami memiliki klien di mana-mana. Dan salah satu kasus penggunaan yang menarik, pada masa-masa awal platform kami adalah jika Anda membeli sejumlah kecil Bitcoin di bursa, memindahkan sejumlah kecil Bitcoin ke Lapisan 1 sebenarnya sangat mahal, dibandingkan dengan yang lebih besar. transaksi di AS. Jadi, kami memiliki lebih banyak daya tarik di masa-masa awal dengan versi dasar produk kami, versi pertama dari produk kami, di mana pergerakan Bitcoin dalam jumlah kecil benar-benar berada di jalur kritis untuk banyak pertukaran dan dompet ini. Oleh karena itu, kami menghadirkan solusi yang benar-benar dapat mengatasi masalah besar pada saat mereka membutuhkannya.

Peter Renton  29:45

Benar, benar. Jadi apa model bisnis Anda? Apakah Anda perusahaan SaaS? Apakah orang-orang membayar langganan di sini?

David Marcus  29:50

Jadi kami adalah perusahaan SaaS. Ini sebenarnya bukan langganan. Ini semacam, Anda tahu, kami mengenakan biaya per panggilan API atau Anda tahu, Anda dapat menurunkannya ke tingkat transaksi, tetapi pada dasarnya kami menyediakan seluruh rangkaian layanan. Jadi Lightspark Connect, yang merupakan Sistem Manajemen Node tingkat perusahaan kami untuk node petir, Predict yang memungkinkan perutean, dan likuiditas sesuai permintaan untuk memfasilitasi, Anda tahu, ketersediaan tinggi, tinggi, dan tingkat keberhasilan transaksi yang tinggi. SDK, dan API kami, serta serangkaian layanan masuk juga. Jadi kami mengemas semua itu, dan Anda tahu, kami mengenakan sedikit biaya, yang sejujurnya sangat kecil dibandingkan dengan biaya jaringan pembayaran tradisional, semuanya. Dan begitulah cara kami menghasilkan uang.

Peter Renton  30:40

Benar, benar. Oke. Jadi saya penasaran apakah pembayaran instan yang Anda bicarakan, Anda menyebutkan Pix, Anda menyebutkan UPI, apakah ini semua membantu Anda memiliki semua jaringan pembayaran yang lebih cepat ini, karena jelas, orang-orang pindah ke dalam negeri di Brasil. Pix kini menjadi metode pembayaran nomor satu. Bagaimana hal itu membantu?

David Marcus  30:59

Jadi hal ini membantu karena masalah yang kita coba selesaikan sebenarnya adalah interoperabilitas global dari pulau-pulau uang yang kita bicarakan. Dan jika Anda dapat menyalurkan uang secara global antar pulau-pulau ini, namun jarak terakhir yang memungkinkan Anda untuk benar-benar menggunakan saldo tersebut adalah secara real-time dan berbiaya rendah, maka hal ini akan membuat keseluruhan sistem dapat berfungsi. Jika Anda mendorong uang ke titik akhir, dan kemudian Anda memiliki saldo, tetapi Anda hanya dapat memindahkan saldo itu, Anda tahu, dari Senin hingga Jumat, pukul delapan hingga lima, maka Anda tahu, sebenarnya ini bukanlah Internet Uang global yang Anda sebenarnya dapat membangun di atas infrastruktur gabungan ini yang pada dasarnya menggabungkan sistem pembayaran real-time jarak jauh dan Lightning di tengahnya sebagai lapisan interoperabilitas antara semua titik akhir dan akun ini. Dan menurut saya, kombinasi sistem pembayaran waktu nyata, dan sesuatu seperti Lightning yang berfungsi dalam skala besar dengan mata uang apa pun sebenarnya adalah kombinasi yang ampuh di sini.

Peter Renton  31:58

Benar. Oke. Jadi saya ingin menutup dengan pertanyaan berwawasan masa depan. Anggap saja Anda sangat sukses dan semua orang di seluruh dunia menggunakan Lightning. Apa… dalam waktu 10 tahun, seperti apa sebenarnya gambaran konsumen rata-rata sehari-hari?

David Marcus  32:16

Menurut saya itu pertanyaan yang sangat bagus. Karena ketika Anda berpikir, Anda berbicara dengan banyak konsumen, mereka tidak dapat memikirkan, Anda tahu, cara lain untuk membayar atau mendapatkan bayaran, atau nilai yang dapat diperoleh secara naluriah, dan terutama jika Anda berada di AS, Anda tahu, Anda punya Venmo, Anda punya PayPal, Anda punya Aplikasi Tunai, Anda punya berbagai cara berbeda untuk membayar satu sama lain. Anda tidak merasa pembayaran menjadi masalah. Kenyataannya adalah, cara saya memikirkan hal ini adalah, Anda tahu, di masa lalu, ketika orang-orang mengirim faks, dan Anda tahu, tersiar kabar bahwa ada sesuatu yang disebut internet yang akan terjadi, dan itu adalah akan memungkinkan orang untuk berkomunikasi dengan cara yang lebih lancar. Masyarakat juga sama-sama bingung kenapa hari ini komunikasinya bermasalah, saya bisa telpon, bisa kirim fax, tidak apa-apa. Dan menurut saya, Anda tahu, orang-orang benar-benar tidak dapat memahami apa yang terjadi ketika Anda benar-benar dapat memindahkan uang secara digital di internet dengan cara global yang real-time, dan berapa banyak nilai yang dapat diperoleh. . Analogi lainnya adalah berkirim pesan. SMS mencapai puncaknya di seluruh operator seluler di dunia dengan 20/25 miliar pesan per hari. Dan sekarang, setiap hari, antara WhatsApp dan platform perpesanan lainnya di luar sana, ada ratusan miliar pesan yang dikirim dan diterima. Karena tahukah Anda, sekarang kami memiliki kemampuan mengirim pesan tanpa batas melalui internet.

David Marcus  32:45

Jadi cara berpikir saya pada dasarnya adalah bahwa hal ini akan membuka banyak sekali PDB yang terperangkap bagi masyarakat. Jadi Anda akan bisa mendapatkan bayaran lebih cepat, biaya modal akan turun, karena modal akan lebih efisien bergerak ke seluruh dunia, Anda akan bisa membeli barang dan menukar nilai dengan orang dan entitas yang Anda tidak dapat melakukannya saat ini. Jadi, Anda akan dapat membeli serangkaian jasa dan barang yang tidak terjangkau saat ini. Dan sebaliknya, jika Anda adalah perusahaan atau individu yang menjual apa pun yang Anda jual, baik seni, jasa, kemampuan, Anda akan mampu melakukannya secara global, lancar, tanpa memikirkan apa pun lagi. tahu, dari mana sebenarnya Anda dapat menerima pembayaran. Jadi saya pikir Anda tahu, ketika Anda memikirkan semua itu, ada perbedaan besar di dunia ini. Dan, tahukah Anda, tentu saja, lebih mudah bagi kita untuk memahaminya seperti orang yang perlu mengirim uang lintas negara saat ini, masih kesulitan melakukan hal itu. Itu sangat mahal. Penuh gesekan. Dalam beberapa kasus, masyarakat harus berjalan kaki ke tempat-tempat yang sangat tidak aman dan menunggu berjam-jam untuk mendapatkan uang tunai. Semua hal ini tidak perlu ada dan Anda tahu, kami percaya bahwa jika Anda mengaktifkan jaringan yang dapat menyelesaikan semua transaksi ini secara real time dengan biaya yang lebih murah dari sistem saat ini, Anda akan menghadirkan kemampuan baru dan mengurangi biayanya, maka kita dapat memberikan banyak manfaat bagi miliaran orang.

Peter Renton  35:15

Baiklah, David, biarkan saja di sana. Saya harap Anda sukses. Dan saya ingin menyelesaikan masalah ini. Dan saya sangat menghargai kedatangan Anda di acara itu. Saya belajar banyak hari ini. Terima kasih banyak.

David Marcus  35:25

Terima kasih.

Peter Renton  35:27

Yah, saya harap Anda menikmati pertunjukannya. Terima kasih banyak telah mendengarkan. Silakan lanjutkan dan berikan ulasan acara di platform podcast pilihan Anda dan beri tahu teman dan kolega Anda tentang hal itu. Bagaimanapun, pada catatan itu, saya akan keluar. Saya sangat menghargai Anda mendengarkan, dan saya akan menemui Anda lain kali. Selamat tinggal.

  • Peter RentonPeter Renton

    Peter Renton adalah ketua dan salah satu pendiri Fintech Nexus, perusahaan media dan acara digital pertama dan terbesar di dunia yang berfokus pada fintech. Peter telah menulis tentang fintech sejak 2010 dan dia adalah penulis dan pencipta fintech Podcast Fintech One-on-One, seri wawancara tekfin pertama dan terlama. Peter telah diwawancarai oleh Wall Street Journal, Bloomberg, The New York Times, CNBC, CNN, Fortune, NPR, Fox Business News, Financial Times, dan puluhan publikasi lainnya.

.pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .box-header-title { font-size: 20px !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .box-header-title { font-weight: bold !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .box-header-title { color: #000000 !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .pp-author-boxes-avatar img { border-style: none !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .pp-author-boxes-avatar img { border-radius: 5% !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .pp-author-boxes-name a { font-size: 24px !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .pp-author-boxes-name a { font-weight: bold !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .pp-author-boxes-name a { color: #000000 !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .pp-author-boxes-description { font-style: none !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .pp-author-boxes-description { text-align: left !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .pp-author-boxes-meta a span { font-size: 20px !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .pp-author-boxes-meta a span { font-weight: normal !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .pp-author-boxes-meta { text-align: left !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .pp-author-boxes-meta a { background-color: #6adc21 !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .pp-author-boxes-meta a { color: #ffffff !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .pp-author-boxes-meta a:hover { color: #ffffff !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .ppma-author-user_url-profile-data { color: #6adc21 !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .ppma-author-twitter-profile-data span, .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .ppma-author-twitter-profile-data i { font-size: 16px !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .ppma-author-twitter-profile-data { background-color: #6adc21 !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .ppma-author-twitter-profile-data { border-radius: 50% !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .ppma-author-twitter-profile-data { text-align: center !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .ppma-author-linkedin-profile-data span, .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .ppma-author-linkedin-profile-data i { font-size: 16px !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .ppma-author-linkedin-profile-data { background-color: #6adc21 !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .ppma-author-linkedin-profile-data { border-radius: 50% !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .pp-author-boxes-recent-posts-title { border-bottom-style: dotted !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .pp-multiple-authors-boxes-li { border-style: solid !important; } .pp-multiple-authors-boxes-wrapper.box-post-id-45383.pp-multiple-authors-layout-boxed.multiple-authors-target-shortcode.box-instance-id-1 .pp-multiple-authors-boxes-li { color: #3c434a !important; }

Stempel Waktu:

Lebih dari Pinjam Akademi